Sabtu, 05 Februari 2011

BUDAYA ORGANISASI DAN ETIKA MANAJERIAL


BUDAYA ORGANISASI  DAN ETIKA MANAJERIAL

Budaya
Sekumpulan keyakinan, nilai, pemahaman, perilaku dan kebiasaan yang dianut bersama.
Merupakan pola nilai dan asumsi bersama mengenai bagaimana suatu hal dapat dilakukan dalam organisasi
·        Tidak dapat diukur dan diamati secara objektif
·        Merupakan fondasi lingkungan organisasi
·        Memainkan peran utama dalam membentuk perilaku manajerial
Budaya dikategorikan menjadi 3 tingkatan:
Nilai-nilai dasar yang menjadi karakteristik budaya organisasi dapat difahami melalui beberapa manifestasi seperti:
Simbol            à objek,tindakan,peristiwa yg menyampaikan makna pada pihak lain
Cerita             à  narasi yg didasarkan pd peristiwa sesungguhnya yg seringkali diulang dan  dibagikan diantara anggota organisasi untuk menjaga nilai-nilai utama agar tetap hidup
Pahlawan     à figur orang yg menjadi contoh atas tujuan, karakter, dan atribut dari sebuah budaya yang kuat
Slogan           à pernyataan yang menyatakan nilai utama organisasi dengan singkat dan  jelas
Ritual              à kegiatan terencana dan dilakukan untuk manfaat para pesertanya

Tidak ada komentar:

Posting Komentar