BUDAYA ORGANISASI DAN ETIKA MANAJERIAL
Budaya
Sekumpulan keyakinan, nilai, pemahaman, perilaku dan kebiasaan yang dianut bersama.
Merupakan pola nilai dan asumsi bersama mengenai bagaimana suatu hal dapat dilakukan dalam organisasi
· Tidak dapat diukur dan diamati secara objektif
· Merupakan fondasi lingkungan organisasi
· Memainkan peran utama dalam membentuk perilaku manajerial
Budaya dikategorikan menjadi 3 tingkatan:
Nilai-nilai dasar yang menjadi karakteristik budaya organisasi dapat difahami melalui beberapa manifestasi seperti:
Simbol à objek,tindakan,peristiwa yg menyampaikan makna pada pihak lain
Cerita à narasi yg didasarkan pd peristiwa sesungguhnya yg seringkali diulang dan dibagikan diantara anggota organisasi untuk menjaga nilai-nilai utama agar tetap hidup
Pahlawan à figur orang yg menjadi contoh atas tujuan, karakter, dan atribut dari sebuah budaya yang kuat
Slogan à pernyataan yang menyatakan nilai utama organisasi dengan singkat dan jelas
Ritual à kegiatan terencana dan dilakukan untuk manfaat para pesertanya
Tidak ada komentar:
Posting Komentar